Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 14:30 WIB

Rumah Mewah Nunggak PBB, Bagaimana Kalau Dijual?

Hendra Kusuma - detikFinance
Rumah Mewah Nunggak PBB, Bagaimana Kalau Dijual? Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Beberapa rumah mewah di Jakarta masih kedapatan yang belum membayarkan pajak bumi dan bangungan (PBB). Bahkan, pemerintah melalui dinas provinsi tidak segan menancapkan plang berkelir oranye.

detikFinance berhasil menemukan beberapa rumah mewah di kawasan Jakarta Pusat, kebanyakan rumah yang terpampang plang pemberitahuan belum bayar PBB juga ada yang dilabeli stiker penyewaan.

Bagaimana nasib tunggakan PBB jika ada masyarakat yang berminat membeli atau menyewa rumah tersebut ?



Berdasarkan konfirmasi langsung kepada pemilik rumah yang enggan disebutkan namanya, transaksi jual beli rumah yang terpampang palang PBB tetap bisa dilakukan. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan si pemilik jika transaksi tersebut benar terjadi.

Yang pertama, kata dia, jika ada seseorang yang ingin membeli dengan harga yang sudah disepakati, maka si pemilik wajib melunasi tunggakan PBB terlebih dahulu.

Yang kedua, pemilik juga bisa menyepakati pelunasan PBB setelah si pembeli membayar DP terlebih dahulu. Setelah PBB dilunasi, baru transaksi pelunasan jual beli bisa direalisasikan.

"Karena si pembeli tidak mau kalau masih ada palang PBB-nya," kata dia.



Sampai saat ini, salah satu rumah yang terpampang palang PBB di kawasan Menteng ini tidak untuk dijual melainkan untuk disewakan. Rumah mewah dengan luas sekitar 500 meter ini juga dibanderol sangat tinggi.

"Kalau untuk sewa per bulannya Rp 50 juta, kalau setahun tinggal dikalikan 12 bulan saja," tambahnya.

Dia mengaku, hingga saat ini masih belum menerima laporan dari masyarakat yang tertarik untuk membeli, melainkan banyak yang menghubungi untuk menanyakan biaya sewa saja.

"Tapi untuk sewa juga harus melunasi PBB terlebih dahulu, karena nanti orang enggak mau lihat palang PBB itu," tutupnya.

(mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed