Follow detikFinance
Selasa 16 May 2017, 12:41 WIB

Jokowi Siapkan Rumah DP 1%, Kenapa Tak Sekalian Gratis?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jokowi Siapkan Rumah DP 1%, Kenapa Tak Sekalian Gratis? Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 4 Mei 2017 meresmikan pembangunan rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Villa Kencana, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Deretan rumah tersebut dibanderol mulai Rp 112 juta hingga Rp 141 juta, rumah-rumah ini bisa dimiliki dengan uang muka 1% dengan bunga tetap 5%.

Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo mengungkapkan penerapan uang muka 1% dilakukan agar masyarakat memiliki kepuasan batin memiliki rumah pribadi. Dengan mengeluarkan uang muka dalam pembayaran rumah, masyarakat juga memiliki tanggung jawab untuk melunasi rumah tersebut.

"Agar mereka ada rasa memiliki karena sudah ada uang muka, berarti saya ada masa depan, ada harapan. Ini juga ada rasa psikologis walau jumlahnya berapapun tapi kalau tidak ada (uang muka) kan beda juga," tutur Mardiasmo dalam acara 2nd Property & Mortgage Summit 2017 di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Upaya ini dilakukan untuk menekan angka backlog atau selisih antara pasokan dan permintaan perumahan di Indonesia yang masih tinggi. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang memiliki penghasilan rendah namun belum memiliki rumah pribadi yang layak huni.

"Kalau mereka (perbankan) hanya utamakan orang yang kaya saya, yang risiko NPL kecil tentu yang kaya makin kaya," tutur Mardiasmo.

Skema ini juga perlu diawasi pembayaran cicilannya selama 20 tahun ke depan dengan bunga tetap 5%. Sehingga, risiko kredit bermasalah bisa ditekan ke level yang tidak terlalu tinggi.

"Perbankan sendiri jangan sampai NPL-nya tinggi di dalam per tahun," ujar Mardiasmo. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed