Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 15:24 WIB

Berburu Rumah DP 0 Rupiah di Pameran REI Expo

Muhammad Idris - detikFinance
Berburu Rumah DP 0 Rupiah di Pameran REI Expo Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih versi hitung cepat, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dalam masa kampanyenya memperkenalkan program pembiayaan perumahan tanpa uang muka alias DP Nol Rupiah.

Program ini sendiri diharapkan bisa jadi solusi bagi warga yang selama ini tak mampu membeli kebutuhan papan tersebut.

Bagi sejumlah pengembang, konsep DP Nol Rupiah sebenarnya sudah lama dilakukan sebagai strategi marketing. Namun demikian, tak serta merta uang muka tersebut kemudian sama sekali tidak ada, melainkan dalam bentuk DP yang dicicil.

Aal Desrina, salah seorang Staf Marketing Pengembang BSA Land, mengatakan pihaknya menawarkan 2 tipe rumah seharga Rp 399.160.000 tipe 39/96 dan Rp 412.270.000 tipe 39/102 di Sentraland Boulevard, Parung Panjang.

Dia mencontohkan untuk tipe 39/102, dengan DP 15% dari harga KPR Rp 452.497.000 maka pembeli bisa membayar uang muka Rp 67.874.550. DP tersebut bisa dicicil selama setahun atau 12 kali dengan angsuran Rp 5.656.213.

"Kalau berat kan DP bisa dicicil, dibayarnya ke pengembang dicicil selama 12 bulan. Setelah DP lunas baru mengajukan ke bank, selama tidak ada masalah pasti KPR diterima oleh bank. Baru setelah itu akad rumah, rumah kebetulan belum dibangun, dibangun setelah akad," jelas Aal ditemui di Pameran REI Expo 2017 di JCC, Jakarta, Kamis (21/4/2017).

Sementara jika kemudian setelah DP lunas namun kemudian KPR ditolak bank, uang tersebut akan dikembalikan ke pembeli.

"Yang hangus itu hanya uang tanda jadi saja. Di kita kalau uang tanda jadi itu Rp 5 juta. Jadi harus dipastikan kelengkapan syarat-syarat KPR," ujar Aal.

Serupa dengan pengembang BSA Land, ada banyak pengembang di pameran REI Expo 2017 yang juga menawarkan konsep DP dicicil.

Seperti pengembangan Perumnas yang menawarkan rumah dengan berbagai tipe dengan rentan harga Rp 229 juta sampai Rp 323 juta di Parung Panjang. Dari semua 4 tipe yang ditawarkan tersebut, DP bisa dicicil selama 8 bulan.

Tak ketinggalan, pengembang lainnya seperti Wika Realty dengan perumahan Tamansari Cyber di Bogor, juga menawarkan hunian dengan harga di atas Rp 1 miliar. Uang mukanya pun bisa dicicil selama 6 kali. (idr/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed