Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance
Minggu 15 Jan 2017, 06:54 WIB

Ikut Unit Link 7 Tahun Tapi Tak Sesuai Harapan, Ini Penjelasannya

Prita Ghozie - detikFinance
Ikut Unit Link 7 Tahun Tapi Tak Sesuai Harapan, Ini Penjelasannya Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kami telah mengikuti asuransi jiwa unit link 6-7 tahun. Namun perkembangan unit link tidak sesuai harapan. Bahkan saat ini, nilai investasi hanya 50-60% dari total premi yang kami setorkan.

Kami ingin mengakhiri, namun saat ini alokasi investasi 80-90% dari premi plus tetap tercover asuransi.

Mohon pertimbangan

Jawaban:
Halo mas Fauzi,

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan.

Asuransi jiwa unit link dibuat bagi mereka yang memang membutuhkan kemudahan dalam berasuransi dan berinvestasi sekaligus. Namun perlu dicermati lagi segala kemudahan yang ditawarkan apakah sudah benar-benar sesuai dengan kebutuhan si nasabah. Premi asuransi jiwa unit link tidak seluruhnya full untuk pembayaran investasi bulanan Anda.

Premi yang Anda bayarkan setiap bulan itu memiliki 2 tujuan pembayaran yaitu untuk proteksi dan investasi. Pembagian masing-masing tujuan pun beraneka ragam. Ada yang 60%-40%, 20%-80%, dan sebagainya tergantung kebutuhan nasabah.

Saat ini Anda mengeluhkan performa unit link yang tidak sesuai dengan harapan, di mana nilai investasi yang tersimpan hanya 50%-60% dari keseluruhan total premi yang disetorkan. Nah di sini Anda perlu mencermati lagi aturan pembagian porsi investasi dan proteksi dalam premi Anda masing-masing ada berapa persen.

Bila ternyata persentase untuk investasi Anda kecil, maka sudah pasti nilai investasi yang terkumpul sampai tahun ke tujuh ini tidak sebanyak perhitungan Anda. Ada satu hal lagi yang perlu Anda cermati adalah pada tahun pertama, premi yang sudah Anda bayarkan seluruhnya tidak dialokasikan dalam investasi melainkan untuk proteksi saja.

Nanti setelah tahun kedua, pembagian untuk investasi akan disesuaikan dengan persentase di awal. Itulah yang menjadi alasan mengapa kinerja unitlink cenderung lambat untuk mencapai target dana yang Anda inginkan.

Bila memang tujuan Anda adalah berinvestasi, maka ada baiknya untuk berinvestasi pada produk yang sesuai dengan kebutuhan agar dana yang Anda keluarkan bisa tepat sasaran dan lebih optimal ke depannya. Gunakan produk asuransi sesuai tujuannya yaitu perlindungan jiwa dan kesehatan.

Semoga bermanfaat.

(ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed