Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 13:05 WIB

Ini Negara-Negara yang Sudah Punya Gerbang Pembayaran Nasional

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ini Negara-Negara yang Sudah Punya Gerbang Pembayaran Nasional Foto: Ari Saputra
Jakarta - Indonesia sebentar lagi memiliki national payment gateway (NPG) atau sistem pembayaran nasional yang terintegrasi dan terpadu. Bank Indonesia (BI) saat ini sedang melakukan ujicoba dan segera mengimplementasikan NPG ini.

Selain Indonesia, sudah ada beberapa Negara yang sukses menjalankan sistem pembayaran terpadu, berikut rangkuman detikFinance dari berbagai sumber, Rabu (17/5/2017).

China - UnionPay
UnionPay dibentuk pada 2002 oleh People Bank of China (POBC) sentral bank China dengan anggota kabinet di China. Kemudian, didirikan oleh 85 bank lokal yang dipimpin oleh 5 bank terbesar di sana.

Mengutip Reuters, UnionPay mendominasi pasar kartu, baik debit maupun kredit di China, ini karena bank sentral mewajibkan seluruh penerbit kartu termasuk bank asing yang memproses transaksi menggunakan Yuan harus melalui jaringan pembayaran elektronik UnionPay.

Saat itu, seluruh merchant dan mesin ATM diminta untuk memproses Yuan melalui jaringan UnionPay. Sempat terjadi masalah, pada Juli 2012, sebuah organisasi perdagangan di China memprotes bank sentral karena melakukan pemaksaan dan diskriminasi terhadap kartu asing.

Namun, bank sentral tak bergeming, tak ada alternatif lain, seluruh kartu masih diwajibkan menggunakan UnionPay jika masih ingin berada di China.

Mengutip laman resmi unionpayintl.com UnionPay sudah bekerjasama dengan sekitar 1.000 institusi di seluruh dunia. Kartu berlogo UnionPay juga sudah bisa diterima di 162 negara dan UnionPay sudah menerbitkan kartu di 42 negara.

UnionPay mengklaim memiliki kualitas tinggi, efisien dan aman. Sebagai sistem pembayaran lokal terbesar asal China, UnionPay menjamin layanan bagi pemegang kartu di seluruh dunia.

Singapura – NETS
Network for Electronic Transfers (NETS) Pte Ltd merupakan solusi pembayaran yang ada di Singapura. Lebih dari 30 tahun, masyarakat dan pedagang di Negari Singa tersebut sudah mengadopsi NETS sebagi metode pembayaran yang aman dan efisien.

Mengutip laman resmi, nets.com.sg pengguna NETS biasanya menggunakan sistem pembayaran terintegrasi ini untuk transportasi, kuliner, berbelanja dan membayar tagihan.

Berdasarkan laman resmi bank sentral Singapura, mas.gov.sg NETS didirikan pada 1985 oleh sebuah konsorsium bank lokal yang bertujuan untuk memberikan alternatif pembayaran dan memenuhi kebutuhan masyarakat Singapura.

Bank tersebut antara lain Development Bank of Singapore (DBS), POSBank (POSB), Oversea Chinese Banking Corporation (OCBC), Overseas Union Bank (OUB) dan United Overseas Bank (UOB). Kemudian Tat Lee bank bergabung pada 1990 dan Keppel Bank pada 1992.

NETS membuat infrastruktur, sistem dan pelayanan untuk memudahkan electronic banking dan sistem pembayaran lebih mudah. Kemudian, NETS juga mengoperasikan Electronic Funds Transfer at Point of Sale (EFTPOS) netrowk dan sistem pembayaran debit secara online.

Seiring berjalan waktu, NETS berkembang menjadi multi servis organisasi yang memfasilitasi sistem pembayaran seperti EFTPOS, CashBack, CashCard, SET Payment Gateway, NETSCash, TradeFinance dan Shared ATM Service. Salah satu tujuan NETS adalah mengarahkan masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai.

Belanda – iDEAL
iDeal merupakan sebuah metode pembayaran secara online melalui bank. Mengutip laman resmi ideal.nl, sistem ini diperkenalkan pada 2005 dan sudah sekitar 1 miliar pembayaran online menggunakan iDEAL.

iDeal sebenarnya bukan sistem pembayaran elektronik terpusat, namun merupakan kumpulan kesepakatan teknis antara bank dan pemroses transaksi. iDEAL sudah terintegrasi dengan perbankan online.

Saat ini, iDEAL sudah dapat digunakan di lebih dari 100.000 situs dan organisasi di dunia. Selama beberapa tahun, iDEAL konsisten menjadi 10 alat pembayaran terbaik di Belanda. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed