Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 19:28 WIB

Ini yang Terjadi Jika PIN Kartu Debit Belum 6 Digit di Awal Juli

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ini yang Terjadi Jika PIN Kartu Debit Belum 6 Digit di Awal Juli Foto: Ari Saputra
Jakarta - Seluruh kartu debit di Indonesia harus menggunakan personal identity number (PIN) 6 digit pada 1 Juli mendatang. Ya sesuai peraturan Bank Indonesia (BI) 30 Juni 2017 merupakan batas akhir penggunaan PIN 4 digit pada kartu debit.

Asosiasi sistem pembayaran Indonesia (ASPI) dan BI menyebutkan masih ada 2 bank yang belum siap perangkatnya untuk menggunakan PIN 6 digit. Lalu bagaimana nasib kartu debit dan nasabah yang masih memakai PIN 4 digit?

Deputi Gubernur BI, Sugeng mengatakan nasabah sebenarnya sudah diinformasikan terkait perubahan PIN dari 4 ke 6 digit sejak beberapa tahun lalu. Saat ini masih ada proses yang dilakukan oleh sejumlah bank untuk penerapan tersebut.

"Jika melewati batas akhir 30 Juni, maka transaksi kartu debit dengan PIN 4 digit tidak bisa dilakukan lagi, nasabah harus menghubungi bank untuk aktivasi dan mengubah PIN jadi 6 digit," ujar Sugeng, saat dihubungi, Senin, (15/5/2017).

Wakil Ketua ASPI, Rico Usthavia Frans mengungkapkan nasabah yang belum menggunakan PIN 6 digit, transaksinya akan ditolak oleh mesin atau decline.

"Ya tidak bisa transaksi, makanya sekarang saat mereka pakai ATM langsung dipaksa ganti PIN, mumpung belum 30 Juni," ujar Rico.

Penerapan PIN 6 digit ini sesuai dengan aturan BI No 17/52/DKSP dalam rangka meningkatkan keamanan dalam penyelenggaraan kartu ATM dan kartu debit.

Di aturan tersebut dituliskan mulai 1 Juli 2017 seluruh kartu ATM atau debit yang diterbitkan di Indonesia dan menggunakan teknologi magnetic stripe wajib diproses secara domestik dengan menggunakan PIN online 6 digit.

Berdasarkan informasi ASPI dan BI dari 114 bank hanya ada 2 bank yang perangkatnya belum siap menerapkan PIN 6 digit. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed