Follow detikFinance
Jumat 25 Nov 2016, 07:31 WIB

Gaji Saya Kecil, Bisa Investasi Tidak?

Eko Endarto - detikFinance
Gaji Saya Kecil, Bisa Investasi Tidak? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pertanyaan:
Menurut Bapak bagaimana saya bisa investasi? Penghasilan saya hanya uang sedikit tiap bulannya.
Rikard - Surabaya

Jawaban:
Salam Rikard,

Berapa sih uang sedikit itu?
Investasi sebenarnya bukan sekedar berapa angkanya tapi juga niat dan disiplin. Tidak ada batasan minimal berapa dana yang bisa kita investasikan, walaupun memang produknya kadangkala memberikan aturan dana minimal investasi.

Jadi..
investasi tidak harus dilakukan bulanan. Bisa saja dilakukan 2 bulanan, 3 bulanan, dan seterusnya. Walaupun memang akibatnya hasil yang kita dapatkan tidak sebesar dan secepat bila dana tersebut bisa kita alokasikan tiap bulan. Tapi lebih baik dibanding tidak sama sekali kan.

Cara lain yang bisa dilakukan bila merasa uang Rikard terlalu kecil untuk investasi, saya bisa sarankan Rikard kerja sama dengan beberapa teman dan kemudian mengadakan arisan. Tapi harus ditekankan, investasinya bukan di arisannya tapi penggunaan dana arisan tadi. contohnya dengan arisan Rp 50 ribu tiap bulan, bisa diperoleh dana sebesar Rp 500 ribu kalau arisannya diikuti 10 orang.

Nah dengan demikian Rikard akan memperolah dana Rp 500 ribu dan ini jumlah yang layak untuk investasi. Misalnya Anda masukkan ke reksa dana, membuka tabungan saham, tabungan emas, atau bahkan membeli saham sekalipun masih mungkin. Bayangkan kalau Rikard bisa mengumpulkan banyak teman kan lebih baik.

Salam (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed