Follow detikFinance
Rabu 19 Apr 2017, 11:38 WIB

Wapres AS ke RI Bahas Freeport? Luhut: Posisi Kita Sudah Jelas

Michael Agustinus - detikFinance
Wapres AS ke RI Bahas Freeport? Luhut: Posisi Kita Sudah Jelas Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Wakil Presiden Amerika Serikat (Wapres AS), Mike Pence, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia hari ini. Pence dijadwalkan tiba di Jakarta sekitar pukul 20.00 WIB.

Kedatangan Pence ini berbarengan dengan negosiasi antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia terkait sejumlah isu seperti kelanjutan operasi, divestasi saham, pembangunan smelter, dan sebagainya.

Apakah orang nomor dua di AS ini juga akan bicara soal Freeport?

Baca juga: Wapres AS Mau Datang, Luhut: Tunjukkan Kita Bisa Berdemokrasi.

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Panjaitan, mengatakan isu Freeport mungkin saja jadi salah satu materi pembicaraan antara Pence dengan pemerintah Indonesia. Tapi, Freeport bukan isu utama yang ingin dibahas Pence.

"Kalaupun ada (pembahasan soal Freeport) saya kira minor, posisi Indonesia soal Freeport sudah jelas. Kita berpegang pada aturan, kita tidak ingin juga mengkhianati perjanjian," kata Luhut saat ditemui di TPS 03 Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Masalah-masalah krusial yang akan dibicarakan Pence dengan pemerintah Indonesia di antaranya adalah persoalan Laut Cina Selatan, demokrasi Indonesia, dan perdagangan antara AS dengan Indonesia.

"Yang saya tahu tentu bicara mengenai hubungan bilateral kedua negara, masalah politik, isu South China Sea, kemudian juga mengenai kematangan Indonesia berdemokrasi. Tentu kita juga bicara masalah ekonomi," ujar Luhut.

Baca juga: Wapres AS ke RI Bahas Freeport? JK: Mau Jaga Hubungan Baik.

Isu ekonomi yang dibahas, kata Luhut, terutama soal defisit perdagangan Indonesia dari AS. "Bagaimana kita defisit perdagangan dengan Amerika Serikat, mereka klaim kita nomor 15," tutupnya. (mca/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed