Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 15:33 WIB

Kereta Kencang JKT-SBY Melesat 160 Km/Jam, Ini Syaratnya

Michael Agustinus - detikFinance
Kereta Kencang JKT-SBY Melesat 160 Km/Jam, Ini Syaratnya Foto: Pool
Jakarta - Proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya (JKT-SBY) sedang dikaji Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pemerintah ingin kereta kencang JKT-SBY bisa melaju 160 km/jam.

Bagaimana caranya agar kereta kencang bisa melesat sekencang itu? Budi Karya mengatakan ada dua hal yang harus dilakukan, pertama, kereta kencang memakai tenaga listrik.

Kedua, 100 lintasan sebidang sepanjang rute JKT-SBY harus dihilangkan.
"Itu dua hal harus dilakukan, it's a must," ujar Budi Karya dalam acara Kongres Teknologi Nasional di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Tapi, kata Budi Karya, pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada BPPT mengkaji proyek kereta kencang JKT-SBY. Termasuk, mana yang lebih baik cocok, memakai listrik atau diesel untuk mencapai waktu tempuh 160 km/jam.

Dia menambahkan, kereta kencang juga harus kompetitif dengan moda transportasi lain, contohnya pesawat. Artinya, waktu tempuhnya tak boleh terlalu lama dibanding pesawat.

"Pesawat itu 1,5 jam, tunggunya 1 jam. Kalau kereta ini bisa dengan lima jam ini kompetitif. Tapi kalau 7 jam menjadi tidak ada suatu lompatan," terang Budi. (hns/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed