Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 22:20 WIB

AP I Lirik Kelola 5 Bandara Kemenhub

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
AP I Lirik Kelola 5 Bandara Kemenhub Bandara (Foto: Fuad Hasim/ detikcom)
Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) melirik pengelolaan 5 bandara di beberapa lokasi, antara lain Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Tarakan, Bandara Labuan Bajo, Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie di Palu, dan Bandara Syukuran Aminuddin Amir di Desa Bubung, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Kelima bandara tersebut yang saat ini masih dikelola Kementerian Perhubungan nantinya juga akan dikembangkan oleh AP I.

"5 bandara diserahkan ini juga akan kita bangun entah itu perpanjangan runway kemudian terminalnya, apronnya. Semuanya bandara-bandara itu setelah diserahkan akan kita bangun," kata Direktur Utama AP I Danang Baskoro di Graha Angkasa Pura I, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Corporate Secretary AP I, Israwadi menambahkan, penyerahan operasi kelima bandara tersebut saat ini tengah diproses di Kementerian Perhubungan. Di antara kelima bandara tersebut ada yang berupa Badan Layanan Umum (BLU) dan ada juga yang berupa Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU).

"Prosesnya lagi didiskusikan di Kemenhub udah dibentuk tim bersama ada bandara yang istilahnya BLU ada UPBU," kata Israwadi.

Pihaknya berharap serah terima operasi bandara Labuan Bajo di Pulau Komodo bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, serah terima bandara ini dilakukan pemerintah kepada AP I untuk meningkatkan pariwisata di Pulau Komodo.

"Labuan Bajo yang ditawarkan target Menpar secepatnya tahun ini," tutur Israwadi. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed