Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 15:00 WIB

Duet Menteri Jokowi Berantas Penimbunan Bawang Putih

Hendra Kusuma - detikFinance
Duet Menteri Jokowi Berantas Penimbunan Bawang Putih Foto: Ari Saputra
Jakarta - Akhir pekan kemarin Satgas Pangan menggerebek gudang penimbunan bawang putih di Cilincing, Jakarta Utara. Di gudang itu ditimbun 182 ton bawang putih impor dari China dan India.

Upaya memberantas aksi penimbunan bawang putih gencar dilakukan dua Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. Amran bercerita, dihubungi Enggartiasto saat subuh soal penimbunan bawang putih.

"Pak Mendag subuh-subuh hubungi saya, ini belum salat subuh. Pak Mentan tolong ada penimbunan tuh," kata Amran di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/5/2017).


Mendapat laporan, Amran langsung bergegas melakukan koordinasi dengan Polri lantaran lembaga tersebut masuk ke dalam Satuan Tugas (Satgas) Pangan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto LukitaMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Hasilnya, kata Amran, sudah ada 3 tersangka dan pemerintah telah mencabut izin impor bawang putih yang dimilikinya.

"Kalau ada yang coba main-main lagi, Pak Mendag sudah perintahkan kita cabut lagi izinnya," ujar Amran.

Sampai saat ini, kata Amran, pemerintah telah mengidentifikasi beberapa perusahaan yang diindikasi melakukan tindakan penimbunan bawang putih. Namun, untuk saat ini masih dalam monitoring pemerintah.


Pemerintah akan memberikan tindakan tegas dengan kembali membongkar serta mencabut izin impornya, jika perusahaan-perusahaan tersebut tidak keluarkan stok bawang putihnya yang dimilikinya.

"Kami masih monitor, dan menyusul kalau dia tidak keluarkan dari gudang. Ukurannya jelas 3 tersangka," jelas Amran.

Menteri Pertanian Amran SulaimanMenteri Pertanian Amran Sulaiman Foto: Dok. Kementerian Pertanian

Enggartiasto menambahkan, pencabutan izin merupakan tindakan tegas pemerintah kepada para pemegang izin importir bawang putih. Pasalnya, pelepasan stok bawang putih ke pasar sangat membantu menekan harga pangan tersebut yang tengah melonjak tinggi.

"Jadi kami bagi tugas. Saya diperintahkan oleh Pak Mentan kemarin untuk melepas stabilisasi bahan pokok saya lakukan. Beliau pagi-pagi bilang, itu urusan Pak Mendag tolong lakukan, saya akan tangkap tuh orang (importir). Begitu digrebek, langsung dikasih tahu lagi dan PT itu saya cabut izinnya," pungkas pria yang akrab disapa Enggar itu. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed