Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 17:35 WIB

Ada Aturan Baru, Berapa Kira-kira Kenaikan Tarif Taksi Online?

Muhammad Idris - detikFinance
Ada Aturan Baru, Berapa Kira-kira Kenaikan Tarif Taksi Online? Foto: Masnurdiansyah
Jakarta - Mulai 1 April 2017, tarif taksi online akan disesuaikan dengan tarif batas atas dan batas bawah. Selama ini skema tarif tersebut sudah digunakan dalam penetapan harga tiket pesawat terbang.

Lantas, berapa kenaikan tarif taksi online yang mungkin terjadi setelah diberlakukan batas atas dan batas bawah?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto, mengungkapkan skema batas atas dan batas bawah membuat perusahaan aplikasi tak bisa lagi jor-joran menawarkan tarif yang terlalu murah.

"Kalau misalnya taksi konvensional itu dari jarak A ke B tujuannya Rp 50.000, kemungkinan yang taksi online bisa saja Rp 40.000, masih ada batas kan lebih murah itu," jelas Pudji di kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (20/3/2017).

"Tapi yang tidak kita inginkan, karena tidak ada batasan, (taksi online) bisa Rp 10.000 dia pakai promo dan sebagainya, paling tidak ada batasan di situ, ada batas bawah dan atas, batas bawah pastinya lebih murah," tambahnya.

Baca Juga: Tarif Taksi Online Ditentukan Pemda, Bagaimana Nasib Tarif Promo?

Dia menuturkan, nantinya kepastian tarif tersebut akan ditetapkan oleh kepala daerah, sebagaimana tarif pada angkot dan moda transportasi lainnya.

"Silakan ini kan sudah bergulir, sosialisasi ini, jadi yang atur kepala daerah. Mereka akan atur itu bagaimana tentang tarif, yang tahu daerah, jadi daerah satu dengan yang lain beda," pungkas Pudji. (idr/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed