Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 16:46 WIB

Aksi Pengepul Mainkan Harga Cabai Rawit Merah Terus Diungkap

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Aksi Pengepul Mainkan Harga Cabai Rawit Merah Terus Diungkap Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Aksi pengepul besar memainkan harga membuat cabai rawit merah tembus hingga di atas Rp 130.000. Lebih tinggi dari daging sapi yang dibanderol Rp 120.000/kg.

Permainan itu diungkap Bareskrim Polri bersama Direktorat Jendral Hortikultura Kementerian Pertanian. Direktur Jenderal Hortikultura, Spudnik Sujono, mengatakan pihaknya bakal terus mengawal Bareskrim Polri untuk bisa mengungkap pihak-pihak yang terlibat.

Baca juga: Begini Modus Permainan yang Bikin Harga Cabai Rawit Merah Mahal

"Kami tetap terus mengawal dari pertama (praktik tersebut)," ungkap Spudnik dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Kendati demikian, Spudnik mengatakan, pihaknya bakal menyerahkan kasus tersebut sepenuhnya kepada Bareskrim Polri. Sebab, kata Spudnik, dirinya tidak memiliki kewenangan dalam penyelidikan terhadap tersangka.

"Jadi sekali lagi, kalau menyelidik itu bareskrim. Itu kami dua sisi yang beda. Kalau pengungkapan itu kewenangan dari Bareskrim," kata Spudnik.

Baca juga: Cegah Permainan Harga Cabai, Gerak-gerik Pengepul Diawasi Ketat

Sebelumnya, tersangka kasus permainan harga cabai rawit merah kembali bertambah menjadi 4 orang. Setelah Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri kembali menetapkan satu orang tersangka lagi.

Penyidik telah memeriksa 37 saksi yang terdiri dari petani, pengepul, pemasok, hingga pedagang di pasar terkait kasus ini. Dari hasil identifikasi, ditemukan setidaknya 9 pelaku usaha (pemasok) yang melakukan penetapan harga cabai rawit merah dengan harga tinggi (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +