Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 19:58 WIB

Proyeksi BI, Ekonomi RI Kuartal I Bisa Tumbuh di Bawah 5%

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Proyeksi BI, Ekonomi RI Kuartal I Bisa Tumbuh di Bawah 5% Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I (Januari-Maret 2017) masih lambat. Bahkan dimungkinkan bisa di bawah 5%.

"Kalau forecast BI mungkin 4,99% sampai 5 koma nol sekian persen," kata Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Hal ini bersifat musiman. Belanja modal pemerintah pada kuartal I setiap tahunnya lebih rendah dibandingkan tiga kuartal selanjutnya. Begitu juga dengan belanja modal perusahaan.

"Jadi siklus ekonomi kita memang biasanya kuartal I lebih soft dibandingkan kuartal II, kuartal III lebih kuat dibandingkan kuartal II. Biasanya memang semester II lebih kuat dari semester I," paparnya.

Kuartal I masih menyisakan dua pekan ke depan. BI masih berharap realisasinya bisa lebih dari 5%.

"Kalau kita bisa tumbuh 5 koma nol sekian persen itu sudah suatu prestasi, karena kalau dilihat negara-negara lain tumbuh 4% gitu seperti Thailand tahun lalu cuma berapa," ujarnya.

Perekonomian kuartal I tetap didorong oleh investasi yang meningkat, konsumsi yang masih tinggi dan kinerja ekspor yang membaik. Investasi non bangunan diperkirakan akan terus membaik tercermin dari berlanjutnya penjualan alat berat yang meningkat, serta penjualan semen yang mulai tumbuh positif.

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan tetap tinggi sebagaimana terindikasi dari penjualan ritel yang tumbuh stabil dan ekspektasi konsumen yang positif. Sementara itu, kontribusi Pemerintah terhadap konsumsi dan investasi cenderung membaik.

Dari sisi eksternal, kinerja ekspor juga diperkirakan tetap meningkat seiring dengan kenaikan harga komoditas. Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan tahun 2017, perekonomian Indonesia diperkirakan dapat tumbuh pada kisaran 5,0-5,4% (yoy). (mkj/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed