Follow detikFinance
Rabu 01 Feb 2017, 23:14 WIB

Dirut Badan Pengelola Dana Sawit Mundur, Pemerintah Cari Pengganti

Yulida Medistiara - detikFinance
Dirut Badan Pengelola Dana Sawit Mundur, Pemerintah Cari Pengganti Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Beberapa menteri ekonomi menghadiri rapat di Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian. Rapat yang digelar sekitar 2,5 jam sejak pukul 19.00 ini membahas calon pengganti Direktur Utama (Dirut) Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, Bayu Krisnamurthi, yang mengundurkan diri

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan hasil rapat ini mencari kandidat pengganti Direktur Utama BPDP yang saat ini dipimpin Bayu Krishnamurti. Nantinya dalam beberapa hari ke depan ada pengunguman soal Dirut baru.

"Nanti dalam beberapa hari ke depan ada pengumuman pengganti Pak Bayu," kata Darmin, di Kementerian Koordinator Perekonomian, Rabu (1/2/2017).

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, menambahkan Bayu mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan pribadi.

"Penentuan direksi dari BPDP. Pak Bayu sudah mengundurkan diri. Beliau ada agenda lain, kita minta kan dia ada komitmen untuk 1 tahun pertama. Dia ada agenda lain," terang Sofyan.

Menurut Sofyan, proses pemilihan Dirut BPDP telah menyaring puluhan kandidat hingga akhirnya terpilih 2 orang untuk mengikuti rangkaian tes berikutnya. Calon Dirut BPDP diambil dari kalangan profesional.

"Udah bisa akan diumumkan. Tadi kan pemilihan terbuka, (prosesnya) 4 bulan. Lalu dipilih tinggal 10, lalu diinterview diseleksi tinggal 5. Tadi kita itu menyeleksi dari 5 itu kita pertinbangkan dari itu ada 2," kata Sofyan.

Selain itu, dia juga membahas soal program replanting sawit. Nantinya, realisasi ini replanting ini menjadi pekerjaan rumah Dirut baru.

"Ya membahas bagaimana mempercepat replanting. Realsiasimya kan masih rendah jadi semua kita sangat konsern bagaimana mempercepat program replanting. Ini artinya tekanan kepada direksi BPDP baru bagaimana replanting digenjot," kata Sofyan. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed