Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 11:32 WIB

Jualan di Trotoar, PKL Tanah Abang: Untung Dua Kali Lipat

Fadhly F Rachman - detikFinance
Jualan di Trotoar, PKL Tanah Abang: Untung Dua Kali Lipat Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menjelang bulan Ramadan pada akhir bulan Juni ini, sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di wilayah Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, ramai berjualan di atas trotoar.

Aktivitas perdagangan di atas ruas pejalan kaki tersebut sudah tampak terlihat mulai dari seberang Stasiun Tanah Abang.
Pedagang di Trotoar Tanah AbangPedagang di Trotoar Tanah Abang Foto: Rachman Haryanto

Sejumlah pedagang mengaku berjualan di sana lantaran jumlah pengunjung ke Tanah Abang mengalami peningkatan saat memasuki bulan puasa hingga lebaran. Mereka pun mencoba mengambil kesempatan itu.

"Kalau mau puasa kan ramai pembeli. Jadi jualannya di sini biar lebih banyak yang lihat. Kalau di sini (trotoar seberang stasiun) orang turun kereta bisa langsung beli. Kita bisa langsung jual enggak usah jauh-jauh ke dalam," terang salah seorang pedagang di lokasi kepada detikFinance, Jakarta, Senin (15/5/2017).
Pedagang di Trotoar Tanah AbangPedagang di Trotoar Tanah Abang Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Dengan berjualan di trotoar jalan, Ela mengaku bisa mendapatkan omzet hingga dua kali lipat dari penjualan biasa. Sehari-hari, Ela juga berjualan wilayah Tanah Abang. Namun, posisinya jauh di dalam, di kawasan Blok A Tanah Abang.

"Lumayan kalau di sini, lebih banyak yang beli. Misalnya kalau sehari dapat Rp 2 juta jualan biasa, kalau di sini bisa Rp 4 juta. Berarti untungnya kan juga dua kali lipat, lumayan," terang Ela.
Pedagang di Trotoar Tanah AbangPedagang di Trotoar Tanah Abang Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance

Sama dengan Ela, pedagang lainnya bernama Kunto mengaku dagangannya laris berjualan di trotoar. Omzet penjualan pakaian miliknya ramai dibeli pengunjung yang keluar dari Stasiun Tanah Abang.

"Saya cuma ikut yang lain dagang di sini, soalnya ramai yang beli. Banyak yang lalu-lalang dekat stasiun. Penjualan sehari bisa 200% dari hari biasanya," tukasnya. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed