detikfinance

Jika Gardu Cawang Padam, Listrik Jakarta Mati Massal

Wahyu Daniel - detikfinance
Rabu, 04/04/2012 10:37 WIB
//images.detik.com/content/2012/04/04/1034/modar-dalam.jpg Foto: dok.detikFinance
Jakarta -Semalam listrik hampir satu Jakarta mati total hampir 2 jam. PT PLN (Persero) menyatakan penyebab padamnya listrik Jakarta tersebut adalah gangguan di Gardu Induk Cawang yang menjadi 'jantung' listrik Jakarta.

Kepala Humas PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, semalam pukul 20.33 WIB terjadi gangguan listrik di saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) Cawang-Muaratawar. Hal ini menyebabkan gardu induk tegangan ekstra tinggi (GITET) Cawang kehilangan tegangan dan padam.

"Ada 10 gardu induk (GI) yang dipasok GITET Cawang yang sempat padam yaitu GI Gambir, Pulomas, Cipinang, Manggarai, Duren Tiga, Mampang Baru, Danayasa, Abadi Guna Papan Kuningan, dan CSW," jelas Bambang kepada detikFinance, Rabu (4/4/2012).

Akibatnya, pelanggan yang dipasok dari gardu-gardu tersebut mengalami pemadaman. "PLN mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Sesaat setelah kejadian PLN langsung berupaya melakukan penormalan di sisi pelanggan diantaranya dengan manuver (pengalihan beban)," kata Bambang.

Dalam kondisi cuaca kurang mendukung karena saat itu Jakarta diguyur hujan, Bambang mengatakan PLN langsung melakukan perbaikan di SUTET Cawang-Muaratawar yang mengalami gangguan dan GITET Cawang mengalami hilang tegangan.

"Berkat upaya keras tersebut sejak pukul 21.30 secara bertahap listrik di tempat pelanggan yang semula padam mulai menyala kembali. Dan pada pukul 22.40 WIB semua wilayah padam telah menyala 100 persen," tutup Bambang.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut