detikfinance

SBY Dukung Mobil Listrik Gagasan Dahlan Iskan

Zulfi Suhendra - detikfinance
Selasa, 20/03/2012 16:09 WIB
//images.detik.com/content/2012/03/20/1036/dahlan-out.jpg
Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendukung proyek mobil nasional bertenaga listrik gagasan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Proyek ini ditargetkan akan terealisasi tahun 2014.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menuturkan bahwa program mobil nasional bertenaga listrik ini sudah berada dalam tahap pembicaraan yang lebih serius antara Presiden SBY dengan beberapa menteri.

"Presiden mengundang beberapa rektor universitas ternama dan beberapa menteri tertentu untuk mencoba memikirkan mobil diproduksi nasional tapi tidak menggunakan BBM antaranya mobil listrik," ujar Hidayat di acara seminar di Hotel Borobudur,Jakarta, Selasa (20/3/2012).

Hidayat menambahkan, apabila Indonesia memproduksi mobil ini secara massal dan komersil, Indonesia akan menjadi negara pelopor yang memproduksi mobil listrik ini.

"Jadi kami sepakat tentu ini harus dimulai dari awal karena belum ada negara sudah memproduksi itu secara komersil dan sukses," katanya.

Apabila mobil ini diyakini bisa berhasil dan menguntungkan, maka akan secara bertahap diproduksi mulai tahun 2014. Sementara untuk saat ini pemerintah masih membuat kesepakatan dengan beberapa universitas ternama untuk membuat penelitian yang kemudian akan dibuat prototipe-nya.

"Jadi disepakati dibentuk kerjasama antara pemerintah dan beberapa universitas untuk membuat riset kemudian menampilkan prototipe-nya. Prototipe-nya baru bisa muncul secara kompherensif di tahun 2014. Baru dari 2014 step by step masuk di skala industri. Nah itu, bukan bicara dengan dunia kampus lagi tapi sudah dengan industri, investor dan finansial," tutupnya.

Pemerintah berencana untuk memproduksi mobil listrik nasional. Mobil nasional yang akan diproduksi tidak menggunakan bahan bakar minyak, namun menggunakan sumber energi listrik.

Menteri BUMN Dahlan Iskan pernah mengatakan tujuan pembuatan mobil nasional adalah untuk meminimalisir penggunaan BBM. Karena kebutuhan penggunaan BBM tiap tahunnya semakin meningkat, sedangkan stok BBM dunia semakin menurun.

Dahlan menjelaskan bahwa pemerintah sudah menjajaki usaha pembuatan mobil listrik nasional ini. Saat ini, pemerintah sedang berupaya mengumpulkan para ahli pembuat mobil listrik dari seluruh Indonesia. Untuk tahap awal, Dahlan mengaku sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 triliun. "Untuk melahirkan mobil listrik saya kira tahap awal Rp 5 triliun," kata Dahlan.
(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut