detikfinance

Berapa Sih Sebenarnya Biaya Pasang Listrik?

Nurseffi Dwi Wahyuni - detikfinance
Selasa, 04/05/2010 10:32 WIB
Jakarta -PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang menetapkan biaya pasang listrik baru tidak akan mencapai jutaan rupiah. Namun nyatanya, biaya pasang listrik baru di sejumlah wilayah mencapai jutaan rupiah atau berlipat-lipat dari tarif normalnya.

General Manajer PLN Disajaya dan Tangerang, Purnomo Willy mengungkapkan, untuk wilayahnya, biaya pemasangan listrik baru belum ada kenaikan yakni Rp 300 per BA tanpa uang jaminan.

Sehingga jika seorang calon pelanggan ingin memasang listrik dengan daya 900 VA, maka biaya pemasangannya sebesar Rp 270.000, sedangkan untuk pemasangan 1.300 VA maka biaya dikenakan adalah senilai Rp 390.000.

Sedangkan jika ada calon pelanggan yang ingin bermigrasi ke listrik prabayar, mereka hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.500 hingga Rp 25.000. Pelanggan dengan daya 2.200 VA ke bawah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.500, sementara pelanggan di atas 2.200 VA dikenakan tarif Rp 25.000.

"Biaya pasang baru listrik prabayar ini, sama dengan pemasangan listrik pasca bayar yaitu Rp 300 per VA, tanpa uang jaminan. Kalau ada yang main-main infokan ke saya untuk ditindak," tegas Purnomo kepada detikFinance, Selasa (4/5/2010).

Namun berdasarkan penuturan sejumlah pembaca, biaya pemasangan listrik untuk di luar Jakarta bisa mencapai jutaan rupiah. Misalnya yang dialami Dwi yang hendak memasang listrik untuk rumahnya di Jawa Barat sebesar 1.300 VA, dikutip biaya hingga Rp 1,2 Juta.

Hal serupa disampaikan sejumlah pembaca detikFinance melalui fasilitas komentar berita. Mereka mengaku harus mengeluarkan duit yang cukup besar untuk mendapatkan tambahan daya.

"Teman saya di Kecamatan Kandis, Riau, akan memasang listrik baru dengan daya 1.300 VA telah mengeluarkan biaya Rp 9 juta tapi sudah 1 tahun belum ditindaklanjuti, padahal rumahnya dekat gardu induk," ujar Sofyan.

"Saya baru mengajukan kenaikan daya dari pasca bayar ke prabayar 1.300VA ke 2.200VA, kena charge Rp 900.000 di daerah Bandung, Jawa Barat," ujar pembaca detikFinance lainnya.

Bagaimana dengan Anda?
(qom/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut